Minggu, 26 Desember 2010

UJIAN AKHIR SEMESTER: MK: BSKI

UJIAN AKHIR SEMESTER

Mata Kuliah: BSKI

Dosen: Dr. Fahrurrozi, M.Pd.

Petunjuk:

1. Jawablah pertanyaan secara berurutan.

2. Dikumpul paling lambat tanggal 3 Januari 2011.

3. Kerjakan dengan teliti.

SOAL NO. 1

Perbaiki penulisan footnotenya

Nurgiyantoro mengatakan bahwa kegiatan menulis menghendaki orang untuk menguasai lambang atau simbol-simbol visual dan aturan tata tulis, khususnya yang menyangkut masalah ejaan.7 Selanjutnya Gie mengungkapkan bahwa menulis adalah keseluruhan rangkaian kegiatan seseorang mengungkapkan buah pikirannya melalui bahasa tulis untuk dibaca dan dimengerti oleh orang lain.9 Avelrod dan Cooper menyatakan bahwa menulis merupakan suatu proses penemuan yang kompleks dan merupakan keterampilan yang membuat seseorang dapat belajar mengatur waktu. Menulis merupakan sebuah refleksi dalam diri seseorang yang tumbuh melalui suatu proses.11 Leonhardt merumuskan sepuluh alasan mengapa gemar menulis itu penting, yaitu: ……….. (10) penulis yang prigel dan fasih mempunyai keunggulan luar biasa dalam sebagian besar bidang pekerjaan.12

SOAL NO. 2

Parafrasekan pernyataan di bawah ini.

1. Adelstein memberikan gambaran tulisan yang baik, yaitu (1) penulisan yang baik adalah menarik; (2) penulisan yang baik adalah jelas; (3) penulisan yang baik adalah ringkas; (4) penulisan yang baik adalah efektif; dan (5) penulisan yang baik mencerminkan ucapan asli penulis.

2. Karsana membagi jenis karangan atas enam bagian, yaitu: (1) jenis karangan bahasan (eksposisi); (2) jenis karangan hujah (argumentasi); (3) jenis karangan lukisan (deskripsi); (4) jenis karangan kisahan; (5) jenis karangan cakapan; dan (6) jenis karangan surat.

SOAL NO. 3

Perbaiki Daftar Pustaka Berikut ini.

Mary Finocchiaro, & Michael Bonomo, the foreign language learners: a guide for teachers, (New York: Regent Publisher, 1973).

Furchan, Arief (Ed.), Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).

Jacobsen, David, Eggen, Paul and Kauchak, Donald, Methods for Teaching: A Skills Approach, Columbus, Ohio: Merril Publishing Company, 1989.

Chris, Argyrism, 2001 Motivation Theory and Practice, p. 2. (http://www.eccel-team.com/motivation/theory-01.html).



7 Nurgiyantoro, Burhan Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta:BPFE, 1997, hh. 271.

9 Gie, The Liang, h. 17. Pengantar Dunia Karang-Mengarang, Yogyakarta : Liberty, 1986.

11 Rise B. Axelrod and Charles R. Cooper. guide to writing, (New York : Saint Martin’s Press, 1988), h. 3

12 Mary Leonhardt, 99 cara menjadikan anak anda bergairah menulis, (Bandung : Kaifa, 2002) h. 19 – 27.