Senin, 30 Mei 2011

UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH: STRUKTUR BAHASA INDONESIA
DOSEN : Dr. Fahrurrozi, M.Pd.

Petunjuk:
I. Kerjakan secara mandiri
II. Dikumpul paling lambat tanggal 7 Juni 2011
1. Bahasa merupakan kumpulan bunyi-bunyi yang melambangkan sesuatu, pada bahasa tulis bunyi-bunyi yang merupakan lambang tersebut diwujudkan dengan symbol-simbol misalnya, /a/, /e/, /i/, /o/, /u/. Bunyi-bunyi tersebut disusun secara teratur berdasarkan system yang berlaku sehingga menimbulkan makna, diujarkan secara lisan, dan digunakan untuk mengungkapkan pikiran atau perasaan. Coba jelaskan maksud pernyataan tersebut!
2. Perbaikilah afiksasi berikut ini.
me- : menyanyi, meluas, melebar, merokok
mem- : membawa, membongkar, membabi buta, membelot
men- : medatang, medasar, medarat, medoa
meng- : meaduh, mehilang, menkecil, menghukum
meny : mensapu, mencuci, mencela, mencemai
menge- : mengcat, mengbor, menglas, mengtik

3. Analisislah kalimat berikut berdasarkan kategori, peran dan fungsi sintaksis
a. Ibu menganjurkan agar anak-anak membesuk Aminah.
b. Walaupun petani mengerjakan sawahnya dengan baik hasilnya belum memuaskan.
c. Saya tidak mungkin melepaskan diri dari tanggung jawab itu sebab itu memang urusan saya.
d. Ali tidak pergi ke sekolah kemarin karena (ia) sakit.

4. Berikut ini hierarki satuan bahasa:
WACANA
KALIMAT
KLAUSA
FRASE
KATA
MORFEM
FONEM

Coba Anda deskripsikan gambar di atas.

uas

UJIAN TENGAH SEMESTER
MATA KULIAH: BAHASA INDONESIA
DOSEN : Dr. Fahrurrozi, M.Pd.

Petunjuk:
I. Kerjakan secara mandiri
II. Dikumpul paling lambat tanggal 7 Juni 2011

1. Berdasarkan definisi di atas dapat diartikan bahwa perubahan tingkah laku atau kecakapan yang diperoleh seseorang melalui proses belajar didapatkan setelah berinteraksi aktif dengan lingkungan. Lingkungan mencakup semua hal yang berpengaruh dan bermakna bagi individu. Perubahan itu berupa hasil yang baru atau penyempurnaan terhadap sikap dan perilaku seseorang sebagai hasil yang diperoleh. Dengan belajar seseorang akan mengalami perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, tidak paham menjadi paham, dan tidak terampil menjadi terampil..
Pertanyaan:
a. Tentukan pemarkah kohesi dan koherensi pada paragraf di atas?
b. Jadikan paragraph di atas menjadi kohesif dan koheren ?

2. Perbaiki footnote di bawah ini
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006), hh. 10-11.
Ratna Wilis Dahar, Teori-teori Belajar Bandung: Erlangga, 1991, h. 11.
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000), hh. 84.
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan (Jakarta Rajawali Pers, 1993), h. 249.

3. perbaiki daftar pustaka berikut ini.
Suharsimi Arikunto, dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008).
Chaplin, James, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, terjemahan Syah Muhibin, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008).
Ratna Wilis Dahar, Teori-teori Belajar, Bandung: Erlangga, 1991.
Hendro Darmodjo, dan Kaligis, JR E., Pendidikan IPA II, Jakarta: Depdikbud, 1992.
Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum 2004 (Jakarta: Depdiknas, 2003), h. 6.