Senin, 29 Oktober 2012


UJIAN TENGAH SEMESTER
MK: APREASIASI SASTRA INDONESIA


1.     Kerjakan soal secara berurutan
2.     Dikumpulkan hari Rabu/31 Oktober 2012 melalui ketua kelas.
3.     Ketua kelas merangkum dalam satu folder dan dikumpulkan hari Rabu/31 Oktober 2012 paling lambat pukul 24.00 melalui email fahrurrozi_unjpgsd@yahoo.com

1.     Apakah sastra itu? Mengapa sastra itu ada? Dari mana munculnya kesusasastraan? Untuk apa kita mempelajari sastra? Untuk apa teori-teori sastra dipelajari?

2.     Jelaskan dan berikan contoh sastra anak (puisi, prosa fiksi, dan drama)?

3.     Apresiasi sastra adalah kegiatan membaca atau menikmati (menggauli) sastra berupa teks maupun performansi secara langsung. Kegiatan membaca suatu teks sastra secara langsung itu dapat terwujud melalui kegiatan membaca, memahami, menikmati serta mengevaluasi teks sastra, baik yang berupa cerpen, novel, roman, maupun teks sastra yang berupa puisi. Kegiatan menggauli sastra dapat berupa kegiatan yang bersifat reseptif dan dapat pula berupa kegiatan yang bersifat kreatif. Jelaskan yang dimaksud dengan kegiatan yang bersifat reseptif dan kreatif?

4.     Jawablah soal yang diberikan pada perkuliahan minggu yang lalu?

Senin, 22 Oktober 2012

UJIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA SENIN, 22 OKTOBER 2012


UJIAN TENGAH SEMESTER
MK: BAHASA INDONESIA

Petunjuk:
1.    Kerjakan secara individu
2.    Jawablah secara berurutan
3.    Dikumpul Rabu tanggal 24 Oktober 2012

1.    Menurut Hornby, Gatenby dan Wakefield dikatakan bahwa bahasa adalah:
a.     ucapan seseorang sehingga menimbulkan ekspresi dan dijabarkan melalui kata-kata,
b.    mimik wajah seseorang,
c.     mengungkapkan ekspresi,
d.    kata, kalimat dan ekspresi yang digunakan oleh seseorang,
e.    mengungkapkan ekspresi melalui symbol.
Jelaskan maksud dari masing-masing  bahasa di atas?

2.    fungsi bahasa bagi setiap orang ada empat, yaitu:
a.    Sebagai sarana berkomunikasi;
b.    Sebagai sarana mengekspresikan diri;
c.     Sebagai sarana berintegrasi dan beradaptasi sosial; dan
d.    Sebagai sarana kontrol social
Jelaskan maksud dari fungsi bahasa tersebut?

3. Perbaiki penggunaan huruf capital dibawah ini!
 a. Mayjen Ahmad Yani merupakan Pahlawan Revolusi bagi bangsanya.
b. Malajah yang dibeli Bapak bernama Majalah Bahasa dan Kesusastraan
c. surat Presiden Barack Obama ditujukkan kepada Perdana Menteri
d. Sarah bertanya, ”akan kemana kita?“
e. Allah menurunkan Al-Qur’an pada Nabi
Perbaiki kalimat di bawah ini sehingga efektif!
a.    Ibu dengan gesit memotong sayuran dan mengiris bawang, kemudian dimasukkan semuanya ke dalam panci. (kesejajaran)
b.    Saya datang agak terlambat sehingga saya tidak dapat mengikuti pembukaan acara tersebut. (kehematan)
c.     Adi belum membayar uang bulanan sekolah. Sehingga Adi tidak dapat mengambil kartu ujian (kesepadan/kesatuan)