UJIAN AKHIR SEMESTER
21 MEI 2013
Mata Kuliah: BSKI
Dosen: Dr. Fahrurrozi,
M.Pd.
Petunjuk:
1.
Jawablah
pertanyaan secara berurutan.
2.
Dikumpul
paling lambat tanggal 28 Mei 2013.
3.
Kerjakan
dengan teliti.
SOAL
NO. 1
Perbaiki
penulisan footnotenya
Nurgiyantoro
mengatakan bahwa kegiatan menulis menghendaki orang untuk menguasai lambang
atau simbol-simbol visual dan aturan tata tulis, khususnya yang menyangkut
masalah ejaan.7 Selanjutnya Gie mengungkapkan bahwa menulis
adalah keseluruhan rangkaian kegiatan
seseorang mengungkapkan buah pikirannya melalui bahasa tulis untuk dibaca dan
dimengerti oleh orang lain.9 Avelrod
dan Cooper menyatakan bahwa menulis merupakan suatu proses penemuan yang kompleks dan merupakan
keterampilan yang membuat seseorang dapat belajar mengatur waktu. Menulis merupakan sebuah
refleksi dalam diri seseorang yang tumbuh melalui suatu proses.11 Leonhardt merumuskan sepuluh alasan
mengapa gemar menulis itu penting, yaitu: ……….. (10) penulis yang prigel
dan fasih mempunyai keunggulan luar biasa dalam sebagian besar bidang
pekerjaan.12
SOAL
NO. 2
Parafrasekan
pernyataan di bawah ini.
1.
Adelstein
memberikan gambaran tulisan yang baik, yaitu (1) penulisan yang baik adalah
menarik; (2) penulisan yang baik adalah jelas; (3) penulisan yang baik adalah ringkas; (4)
penulisan yang baik adalah efektif; dan (5) penulisan yang baik mencerminkan
ucapan asli penulis.
2.
Karsana
membagi jenis karangan atas enam bagian, yaitu: (1) jenis karangan bahasan
(eksposisi); (2) jenis karangan hujah (argumentasi); (3) jenis karangan lukisan
(deskripsi); (4) jenis karangan kisahan; (5) jenis karangan cakapan; dan (6)
jenis karangan surat.
SOAL
NO. 3
Perbaiki
Daftar Pustaka Berikut ini.
Mary
Finocchiaro, & Michael Bonomo, the foreign language learners: a guide
for teachers, (New York: Regent Publisher, 1973).
Furchan,
Arief (Ed.), Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).
Jacobsen,
David, Eggen, Paul and Kauchak, Donald, Methods for Teaching: A Skills Approach,
Columbus, Ohio: Merril Publishing Company, 1989.
Chris,
Argyrism, 2001 Motivation Theory and Practice, p. 2. (http://www.eccel-team.com/motivation/theory-01.html).
7 Nurgiyantoro, Burhan Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra,
Yogyakarta:BPFE, 1997, hh. 271.
9 Gie, The Liang, h. 17. Pengantar Dunia Karang-Mengarang, Yogyakarta
: Liberty, 1986.
11 Rise B. Axelrod and Charles R. Cooper. guide to writing, (New York : Saint Martin’s Press,
1988), h. 3