Selasa, 04 Juni 2013

UAS KETERAMPILAN BERBAHASA/05 JUNI 2013

UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH: KETERAMPILAN BERBAHASA
DOSEN : Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Tanggal: 5 Juni 2013
Patunjuk:
I. Kerjakan secara mandiri
II. Dikumpul secara kolektif melalui ketua kelaspaling lambat tanggal 12 Juni 2013
 
  1. Salah satu pembelajaran keterampilan menulis di sekolah dasar adalah menulis kreatif. Tujuannya  agar siswa memiliki pengetahuan dasar yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan wawasan dalam bentuk tulisan. Hal ini sesuai dengan Standar Kompetensi yang hendak di capai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ( aspek menulis). Coba Anda jelaskan seperti apakah pembelajaran menulis kreatif tersebut dan berikan contohnya?
 
2. Dalam penyajian kegiatan menyimak yang kurang menarik dapat pula memecahkan konsentrasi dan membosankan siswa dalam mengikuti pembelajaran menyimak, Coba Anda rancang sebuah kegiatan pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk menyimak dengan baik?
3. Pengajaran membaca pemahaman dimulai di kelas III, yaitu setelah siswa memiliki kemampuan dasar membaca yang diperoleh di kelas I dan II. Tujuan ialah agar siswa memeliki kemampuan memahami berbagai wacana. Dengan demikian, pengajaran membaca akan sangat membantu mereka dalam memahami bidang ilmu yang dipelajari melalui mata pelajaran lain. Coba Anda jelaskan perbedaan membaca permulaan dan membaca lanjutan dan berikan contohnya?

UAS STRUKTUR BAHASA INDONESIA/05 JUNI 2013

UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH: STRUKTUR BAHASA INDONESIA
DOSEN : Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Tanggal: 5 Juni 2013
Patunjuk:
I. Kerjakan secara mandiri
II. Dikumpul secara kolektif melalui ketua kelaspaling lambat tanggal 12 Juni 2013
 
 
1.    Bahasa merupakan kumpulan bunyi-bunyi yang melambangkan sesuatu, pada bahasa tulis bunyi-bunyi yang merupakan lambang tersebut diwujudkan dengan symbol-simbol misalnya, /a/, /e/, /i/, /o/, /u/. Bunyi-bunyi tersebut disusun secara teratur berdasarkan system yang berlaku sehingga menimbulkan makna, diujarkan secara lisan, dan digunakan untuk mengungkapkan pikiran atau perasaan. Coba jelaskan maksud pernyataan tersebut!
2.    Perbaikilah afiksasi berikut ini.
me-        :           menyanyi, meluas, melebar, merokok
mem-     :           membawa, membongkar, membabi buta, membelot
men-      :           medatang, medasar, medarat, medoa
meng-    :           meaduh, mehilang, menkecil, menghukum
meny     :           mensapu, mencuci, mencela, mencemai
menge- :           mengcat, mengbor, menglas, mengtik
3.    Analisislah kalimat berikut berdasarkan kategori, peran dan fungsi sintaksis
a.      Ibu menganjurkan agar anak-anak membesuk Aminah.
b.      Walaupun petani mengerjakan sawahnya dengan baik hasilnya belum memuaskan.
c.       Saya tidak mungkin melepaskan diri dari tanggung jawab itu sebab itu memang urusan saya.
d.      Ali tidak pergi ke sekolah kemarin karena (ia) sakit.
  1. Berikut ini hierarki satuan bahasa:
WACANA
KALIMAT
KLAUSA
FRASE
KATA
MORFEM
FONEM







Coba Anda deskripsikan gambar di atas?